1.Sudut camber
Sudut camber adalah kemiringan roda/ban bagian atas dilihat depan/belakang kendaraan.Sudut camber selalu dibuat positif dan apabila kendaraan berbeban,maka camber akan mejadi nol.inidi sebabkankarena suspensi memakai ball joint.
keuntungan camber:
1.Meringankan beban Vertical
2.Meringankan kemudi
3.Mencegah terlemparnya roda keluar pada saat roda depan berputar.
2.Sudut caster
Sudut caster adalah sudut antara kingpin dengan garis vertikal yang di lihat dari samping kendaraan.caster ada yang positif(+) dan ada yang negatif(-).Dengan caster positif titik pusat permulaan singgung ban dengan jalan berbeda di belakang titik potong antara perpanjangan sumbu kingpin dengan jalan.Oleh karena itu,roda akan menggelinding karena tekanan geser dan akan tertarik sehingga secara otomatis roda-roda depan akan lurus ke depan.
3.Kingpin INCLINATION
Bagian atas kingpin(garis yang melalui Balljoint atas dan balljoint bawah).Di miringkan ke arah dalam,besar sudut kingpin ini 7 derajat roda berputar di sekitar kingpin kemudi di putarkan bila kingpin tidak ada.karena adanya tahanan jalan kemudi akan menjadi tidak stabil.dengan adanya kingpin dan camber,maka jarak E(off set) akan menjadi sangat kecil dan kemudi akan menjadi lebih stabil.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar